Menu Bar

Rabu, 01 Januari 2014

Semua Berawal dari Nol (essay minat dan Bakat )



Berawal dari Hobi , aku awalnya hanya orang bias bhkan dikatakan aku ini anak yang cenggeng tapi aku banyak sejuta harapan meskipun kebanyakan orang yang meremehkan aku tetapi akulah orangnya memang Pede dari sejak aku TK kalo kata mamah. Ya sebutlah Jaffar Bocah yang memiliki sejuta harapan dan keberanian meskipun orang menganggap remeh aku. Sampai-sampai akupun kabur diajak berantem sama ade kelas ya kejadian itu belalu hingga aku kelas 6 SD. Aku memang tak pandai tetapi aku pemales sampai-sampai aku mendapatkan beberapa kali nilai nol apalagi mata pelajaran Matematika tetapi pada saat UN Alhamdulillah aku Lulus UN dan masuk SMP Negeri  di Kota yang sekarang menjadi SMP Favorit awalnya dari sekolah aku hanya aku yang masuk SMPN 11 Bogor karena alasan jauh mereka jadi engga ke SMP yang aku tuju. Sistem TES karena aku sekolah di Kabupaten jadi ada perbedaan jalur masuknya dengan yang SD di Kota yang hanya menggunakan NEM dan mendapatkan 2 Pilihan sedangkan dari dari kabupaten atau luar kota mendapatkan 1 Pilihan untuk masuk SMP Negeri di Kota jika tidak lolos terpaksa masuk Swasta tetapi Alhamdulillah aku lolos masuk SMP Negeri di Kota yang hanya 20% dari sekolah aku yang bersekolah di SMP Negeri di Kota.
 Alhamdulillah

berawal dari SMP mulai minat dan hobiku yang sesungguhnya muncul bahwa aku emang engga bias diem orangnya dan aku orangnya pemberani untuk tapil pede di depan umum, maka aku ikutlah seleksi OSIS di SMP dari awal wawancara hingga LDK pun saya jalani disana belajar dari cara makan , cara beretika dan cara berorganisasi dengan baik dari situlah sedikit demi sedikit karakter aku mulai terbentuk. Disanalah akupun mengikuti Eskul Karate aku memang minat di bidang olahraga khususnya beladiri , banyak pengalaman yang didapat dan ilmu yang didapat dari mulai motivasi training dari mulai belajar dari nol sampe aku bias membagikan ilmuku pada adik kelas dan sikap kepemimpinannya pun terbentuk , dan mulai bentuk tubuh pun ikut berubah.
Pada saat pemilihan ketua OSIS SMP aku pun dicalonkan ya itu memang sebuah prestige bagiku dari latar belakang aku yang selalu diremehkan bahkan aku ga pernah untuk menjadi yang terbaik. Saat inilah aku membuktikan bahwa aku layak diberikan amanah tetapi pada saat pemilihan aku tidak terpilih tetapi aku hanya menjadi koordinator sekbid bidang olahraga ya memang aku cinta olahraga karna itu aku mulai membuat program dalam bidang olahraga khususnya classmeeting even olahraga antar kelas dan akulah menjadi ketua pelaksananya. 
Setelah meninggalkan massa putih Biru kita lanjutkan ke massa putih abu. Setalah aku lulus dari SMPN 11 Bogor  meskipun banyak pengalaman manis disana dan banyak bekal untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih baik, dengan melewati beberapa tes mulai dari SMAKBO, SMAN 10 dan MAN 2 Bogor Alhamdulillah masuk di SMAN10 dan MAN 2 Bogor tetapi itu pilihan minat aku di sekolah yang ada tambahan pelajaran Agamanya lebih banyak setelah solat istikharah Alhamdulillah aku pilih MAN 2 Bogor disanalah aku mulai lebih baik dan lebih mepercabang hobinya tentunya dengan mengikuti hal yang baru .
Aku di MA berawal dari ketertarikan ekspo eskul di MAN 2 disanalah aku menemukan hal yang baru dan mulai memilih mana yang terbaik untukku dan aku pilih Nasyid aku tertari karena aku kagum tanpa alat musik dan hanya menggunakan suara mulut semi paduansuara dan semi band karna tanpa alat musik aku mulai mempelajari kembali dari nol hingga aku sering dispen karena mengikuti lomba Nasyid banyak perlombaan yang aku ikuti tetapi hanya beberapa kali membawa piala kemenangan dan membanggakan sekolahku bahkan aku tampil di depan sekolah yang lain tetapi itulah hal yang paling menyenangkan dari awal pelantikan dengan kebersamaan satu angkatan dan yang paling terasa adalah kebersamaan 1 tim bahkan sampai nginep hanya untuk latihan nasyid di esok harinya sesuai dengan nama timnya yaitu Solid Voice biasa kita sebut SoVo. Tidak hanya nasyid saja pramuka termasuk pilihan yang sangat menyenangkan dari mulai pelantikan calon anggota hingga lulus pun masih dengan pramuka, dari mulai belajar organisasi membuat sebuah acara  kompetisi pramuka se Kota dan kabupaten Bogor  dari menikmati keramaian sesama anggota pramuka di pramukalah aku merasakan jiwa hidup mandiri dan jiwa sebagai seseorang praja seorang pasukan seperti pasukan militer kemping hingga ke Jatinangor dan menjadi seorang petugas api unggun menjalin silaturahmi dengan berbagai daerah itulah berawal dari sebuah pilihan lama kelamaan pilihan itu menjadi sebuah hobi dan bakat yang baru , yang kedua di pramukalah aku gabung di protokoler disanalah belajar manajemen dan belajar menjadi seorang EO dari mulainya acara sampai Beresnya acara diatur oleh Protokoler disanalah aku ikut berpartisipasi untuk mengiringi PPI dalam mengibarkan Bendera dan Upacara HUT Pramuka padahal dihari itu adalah bulan puasa tetapi tetap semangat, bahkan dari protokoler menjadi petugas di Istana Open.
Selanjutnya tidak hanya itu ada sebuah minat yang berawal dari hanya mata pelajaran seni dan itu sangat menyenangkan dimulai dengan pentas seni dan tari , teater dan Pekan film sekaligus aku menjadi panitianya dari acara apresiasi aku minat dalam bidang seni tersebut dari seni, teater dan film , ternyata membuat suatu pertunjukkan itu butuhlah sebuah kekompakkan satu kelas terkadang kita kesal karna kadang ada yang egois mementingkan dirinya sendiri tetapi itulah seninya kehidupan dibutuhkanlah satu yang dapat mengatur dan memimpin agar tetap berjalan dengan lancar. Itulah minat dan bakat aku yang semua berawal dari nol dan berawal dari keingintahuan dan minat yang terus digali lama-kelamaan tanpa kita sadari bakat kita akan muncul secara tidak sadar.












Tidak ada komentar: