Menu Bar

Selasa, 06 Januari 2015

The Memories To Be A MAN 2 Student




Assalamualaikum wr.wb.
MAN 2 Bogor yap.. MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 dari namanya saja sudah ada serapan bahasa arab, kalo kata orang mah SMA tapi berstandar islam. karena sekolah ini sekolah islam tetapi negeri , pasti tidak hanya pelajaran umumnya saja yang ditonjolakan tetapi agamanya pun harus sebagai pembentukan akhlak dan karakter siswanya. Madrasah yang terletak di jl.Padjadjaran , atau letaknya samping terminal barangnangsiang atau letaknya disamping masjid raya bogor atau ah sudah lah hehe..
Berikut beberapa memori yang masih dikenang sampai saat ini :


1. Sebelum masuk diwajibkan Tadarus al-quran dan membaca asmaul husna
Inilah kebiasaan yang enggak akan ditemukan di sekolah lainnya. bangun pagi-pagi pergi kesekolah, menahan kantuk,bersabar diperjalanan , menerjang kemacetan untuk bisa sampai disekolah jam 07.00 . masuk kelas tadarus Al-Quran , tapi hal ini yang selalu diingat , awalnya berat membangun kebiasaan tersebut tapi lama kelamaan terbiasa, alhamdulillah karena keterbiasaan tersebut hati menjadi tentram, belajar menjadi lebih fokus , dapat pahala pun iya subhanallah ...


2. Konsekuensi apabila Telat
Konsekuensi telat , banyak faktor yang dapat mempengaruhi telat , apalagi kalau bangunnya kesiangan, macet dijalan ditambah angkot yang suka ngetem udah lengkaplah beban dan penderitaan.. pada saat sasampainya digerbang sekolah masalah semakin besar karena harus berurusan dengan guru BK, yang mungkin lebih tegas dari guru-guru lainnya hehe.. tetapi namanya kesalahan haruslah diberikan konsekuensi, tetapi konsekuensi yang diberikan masuk akal dan dapat membentuk karakter siswanya. seperti bersih-bersih sampah dilingkungan sekolah , membaca surat yasin, dikurung di perpustakaan selama 1 jam pelajaran, apabila melebihi dari 3 kali maka akan dipulangkan kembali, kasan sekali udah jauh-jauh datang kesekolah tapi disuruh pulang tapi itulah yang namanya pendidikan dalam pembentukan akhlak.


3. Mata Pelajaran Agamanya lebih banyak
Karena pelajaran agamanya lebih banyak dari pelajaran agama di SMA yang ada hanya ada satu tetapi di MA pelajaran agama sekitar ada 5 pelajaran dibagi-bagi lagi, mulai dari fiqih, fiqih merupakan ilmu yang mempelajari tentang tata cara melakukan ibadah, hukum tata negara dll tetapi ada hal yang dirindukan dalam pelajaran ini, dengan guru yang humoris , kadang pelajaran tak terasa karena diisi denga cerita , karena jiwa humorisnya bpk qomar atau pa Jikom jadi pelajaran masuk, tetapi yang paling diingat pada saat praktik solat jenazah, dan aku mencoba untuk dijadikan bahan percobaan, pada saat dibungkus dengan kain kafan mayatnya bangun dan berlari-lari seperti pocong , jadinya membuat sekelas takut hehe... Kedua pelajaran Al-quran Hadist, pelajaran ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi karena setiap minggunya kita harus setor hafalan tergantung gurunya, karena itu manfaatnya semoga ilmu hafalannya dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari :D . Ketiga Akidah-akhlak pelajaran ini bagus karena dasar fondasi untuk pembentuka karakter ada di pelajaran ini , contohnya dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari , karena pelajaran inilah kita mengetahui berbagai macam golongan islam, dengan mempelajari tassawuf, tarekat wallahu a'lam :) . Keempat Bahasa Arab bahasa wajib yang harus dipelajari di Madrasah Aliyah, beruntung kalo dulunya belajar di MTs, dan pesantren udah punya dasar dalam mempelajari bahasa arab, sedangkan yang lulusan dari sekolah umum SMP yang sama sekali belum mempelajari bahasa arab subhanallah susahnya bukan main, harus beradaptasi dengan fiil, masdar, dhomir dan arab gundul tetapi jangan khawatir bagi yang bersungguh-sungguh, dan disinilah proses belajar, disinilah diajari dari dasar bahasa arab yang baik dan benar, kata benda, kata sifat diajarkan dan meminta bantuan teman dan guru-guru yang selalu bisa membimbing dalam mengajarkan bahasa arab. KelimaSKI(Sejarah Kebudayaan Islam) , pelajaran dikelas 12 bagi program IPA dan IPS tapi kelas 11 di program Agama. pelajaran ini mungkin yang saya suka karena membahas tentang  peradaban islam, mulai dari massa Rasulullah SAW, hijrah ke mekah dan madinah, dilanjutkan dengan masa kekhalifahan sahabat nabi, selanjutnya masa dinasti ummayah sampai akhirnya islam pada masa modern , disinilah betapa kayanya budaya islam , hebatnya keilmuan yang ada pada islam pada akhirnya karya buku dari ilmuwan islam ditiru oleh kaum kristiani pada saat andalusia jatuh ke tangan kerajaan kristen, dan perpustakaan di baghdad dibakar oleh kaum mongol. Tetapi masih banyak masyarakat kurang tau, siswa-siswi disekolah masih mengagumkan dengan ilmuwan barat, ternyata ilmuwan islam banyak dan pengawal kemajuan peradaban di dunia, sebelum bangsa barat menguasainya.

Inilah suasana pada saat menghafal Hadist pada saat pelajaran al-quran , hadist

4. Membiasakan Solat Berjamaah 
Karena madrasah ini , bersebelahan dengan mesra atau masjid raya bogor, jadi pada saat waktu solat biasanya solat dzuhur diwajibkan untuk solat berjamaah di mesra sampai masjid raya penuh dengan jamaah siswa siswi MAN 2 Bogor, kebayang kan kalo libur jamaah masjid raya tidak akan seramai pada saat waktu sekolah. Hal yang palind dikenang pasa saat setelah maupun sebelum solat berjamaah dimesra , makan dulu diwarung umi warteg yang murah bayangin aja ada paket hemat 5rb, kalo mau sop apolo harganya 6rb jadi tak heran warung nasi ini selalu ramai dengan siswa MAN 2 pada waktu solat dzuhur tiba hehe... ada lagi dengan siswa yang lain yang memilih nongkrong di belakang mesra, atau di mie ayam mas boy .


5. Hari Jumat adalah Hari Pengembangan Potensi Siswa
Hari Jumat adalah hari besar bagi umat islam, disinilah hari untuk pengembangan siswanya, dihari inilah siswanya menggunakan seragam sesuai dengan atribut eskulnya , seperti pramuka , paskibra ,PMR, kegiatan pelajaran dari pagi hingga sebelum solat jumat, dihari inilah hari yang paling cepat pulang bagi yang tidak mengikuti eskul hehe ... Hari yang ramai dikampus MAN 2 Bogor belum ditambah dengan eskul marching band yang menggema sampai luar man 2 , Pramuka dengan seragam yang coklat, PMR dengan seragam yang putih, Paskibra dengan seragam merahnya, ASIMA dengan pukulan marawis, nasyid memadukan suara 1 ,2 baritone , bass , tenor,beatbox, 3MC dengan kameranya, Juralistik mengumpulkan bahannya di perpus, Osis dan MPK suka kumpul rapat, Taekwondo latihan sparing, KIR berkutat di LAB dengan eksperimennya, SUN Three dengan kajian kitab kuning disertai keahlian MTQ dan kaligrafi, dan eskul olahraga yang meramaikan suasana dilapangan, disinilah kami meskipun banyak sekali variasi dan perbedaan yakinlah tujuan kami sama yaitu untuk mewujudkan visi MAN 2 yang berprestasi , istiqomah dalam berakhlakul karimah. 


6. Setiap Semester selalu ada Pementasan Besar
Setiap semester selalu ada pementasan terutama dengan pelajaran seni budaya, inilah yang aku suka dari sekolah ini, meskipun islami tetep mendukung potensi minat dan bakat siswanya.. setiap diakhir semester selalu ada pementasan. Disemester ganjil biasanya dilakukanlah pementasan seni tari dan musik dipandu oleh Bu Neno , Pa Dudi pada waktu itu untuk pementasan seni tari, dan musik tradisional maupun mancanegara. Untuk disemester genap , pementasannya lebih bergengsi lagi, untuk kelas 10 pementasan teater untuk kelas 11 pemutaran film kedua-duanya butuh usaha dan kerjasama yang ekstra, disinilah kekompakan satu kelas diuji, bagus atau tidaknya film dan teater tergantung kerjasama anggota kelasnya.


Foto Setelah Pementasan Pertama Tari dan Musik Asal Betawi with X.8

Poster Teater Pementasan Kedua di kelas 10

Pementasan Musik dan Tari semseter ganjil kelas 11 IPA 4 Angkatan 21

Behind the scene CTRL + Z sebelum film ditayangkan di pekan film

Foto dibalik layar pementasan

Foto bersama penari russian dance dan Bu Retno Wali kelas IPA 4 Angkatan 21

Foto bersama setelah pementasan tari(Pementasan terakhir)

7. Madrasah yang Berprestasi
Madrasah yang berpestasi dimulai dari dukungan semua elemen madrasah mulai dari kepala sekolah, guru, staff TU, OB, Satpam ,dan siswanya , karena kerjasama yang baik pula akhirnya tak lama akhirnya madrasah ini menjadi salah satu sekolah adiwiyata (sekolah berbasis lingkungan), dan masih banyak lagi prestasi yang ditorehkan.

Foto pada saat penyambutan tim asesor akreditasi madrasah dan alhamdulillah MAN 2 mendapatkan akreditasi A

Alhamdulillah MAN 2 dinobatkan sebagai sekolah ADIWIYATA NASIONAL :)


8. Siswa/i yang Berprestasi
Karena adanya dukungan dari guru dan seluruh elemen sekolah, maka tak jarang banyak kegiatan yang didukung , misalnya saja kegiatan perlombaan,
olimpiade, delegasi yang lainnya sehingga siswanya bisa berprestasi, Alhamdulillahnya setiap perlombaan pasti membawa piala meskipun hanya satu , bahkan tak tangung-tanggung menyambet juara umum, sering berprestasi bahkan hampir setiap minggu pada saat upacara hari senin diumumkan. Buktikan bahwa madrasah tak hanya unggul di bisang agama tetapi bidang akademik yang lainnya pun bisa bersaing dengan sekolah-sekolah unggulan di Bogor.

Piala Juara Umum lomba nasyid dan seni islam

Delegasi Perlombaan Nasyid

9. Osis dan Eskul memiliki Hajatan Akbar Setiap Tahunya

Acara Kompetisi Pramuka 2014

Banyak orang mengenal MAN 2 bukan dari karena sekolah unggulan tapi karena prestasi yang ditorehkan, dan kegiatan akbar yang diadakan setiap tahunnya. Misalnya saja OSIS punya acara kristal mandapa dulunya kristal muharam, acara kegiatan perlombaan islam, MTQ, Kaligrafi ,LCT, Nasyid , Film dll , ASIMA punya acara FESIMA (festival seni islam man 2 ) , acara seni islam nasyid, marawis dan qasidah, PRAMUKA punya acara KOMPRA (kompetisi pramuka), acara pramuka tingkat sd/mi, smp/mts, sma/ma/smk sehingga tak heran MAN 2 pasti penuh dan banyak orang yang tau karena letaknya strategis. PMR punya acara CAKAP, lomba PMR , semua acara yang diadakan di MAN 2 semuanya bergengsi sehingga tak heran pesertanya pun banyak, tak heran juga peminat masuk MAN 2 tiap tahunnya semakin banyak.



10.  Peduli terhadap Pengembangan Siswanya
Guru, kepala TU, bagian akademik seluruh jajarannya selalu mendukung dalam semua kegiatan yang diadakan eskul , osis , kepeduliannya dalam bentuk materi , moril sehingga siswanya selalu berlatih sungguh-sungguh dalam ikut kompetisi, selalu diarahkan kepada kebaikan. Banyak acara pengembangan siswa , seperti LDK untuk sebagian perwakilan siswa , classmeeting untuk mengarahkan minat dan bakan siswa, acara pensi pun ada tetapi masih dalam koridor nilai-nilai islami. Tidak hanya itu dipelajaran juga mulai dikembangkan potensinya , seperti dipelajaran TIK sampai berlomba-lomba membuat poster yang nantinya dipajang dikelas. Selain itu ada demi mempererat silaturahmi antar ekstrakulikuler, diadakanlah pelantikan eskul bersama, diwajibkan untuk kelas 10 , untuk tempat pelantikannya tergantung kebijakan, ada yang di strawberry camp puncak, Cibubu dll.



Foto peserta LDK tahun 2011 di Cinagara 


Upacara pembukaan pelantikan bersama tahun 2010 di strawberry camp 

Keceriaan saat outbond setelah pelantikan selesai

11. Acara Peringatan Hari Besar Islam
 MAN 2 ciri khas dengan nilai-nilai islami , tetapi hal ini yang harus dipertahankan acara peringatan, tetapi acara ini diadakan sebaik mungkin, supaya bisa diambil pelajarannya.

Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2011

Peringatan Isra dan Mi'raj 1433H

Acara Buka Bersama Kelas 12 IPA 4 Angkatan 21


13. Banyak hal yang bisa dikenang 
Banyak hal yang dapat dikenang dari siswanya dari kami baik-baik dikelas, kami yang suka nongkrong dikamar mandi, di kantin pada saat pelajaran sampai guru nanyain.. terus pada saat terlambant anak-anak suka manjat di pintu wc cowok hehe, sama kita sampe magrib kadang sampai malem latihan buat lomba, latihan seni budaya , syuting film sampai-sampai dibel pulang sama satpam sungguh semua hal yang tak akan terlupakan  


14. Awal dan Akhir yang mengesankan
Awal masuk kami disambut oleh kaka kelas ,dengan MOPD . meskipun disuruh pake atribut yang macem-macem tapi tetap saja ada hal yang dikenang :

Awal
MOPD
Foto pas MOPD , di Istana Bogor

Akhir
Study Tour
Foto angkatan 21 bersama guru-guru di Candi Prambanan

Perpisahan

Foto perpisahan


15. Terimakasih Guruku



Terimakasih ibu , bapa guru yang selama ini membimbing kami selama 3 tahun, maafkan kesalahan kami jika kami pernah berbuat tingkah laku yang tidak sewajarnya kepada ibu bapa guru. Terimakasih ibu bapa guru yang telah mendidik kami dengan kesabaran, ketegasan ,kelembutan dan ilmu yang bermanfaat untuk bekal kami nanti didunia dan diakhirat kelak. Doakan kami agar kami bisa lebih sukses didunia dan diakhirat.

16. Kenangan dari Kami 


Izinkanlah kami untuk memberikan kenangan kepada ibu bapak guru walau hanya lewat lagu, syair serta hiburan yang sederhana semoga ini akan terkenang untuk selamanya :')






17. Doakan Kami Agar kami menjadi Alumni yang Sukses Amiin :)


Expo MAN 2 Bogor tahun 2013 

Semoga cerita ini dapat memberikan kesan dan makna yang lebih. mohon maaf apabila ada kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja baik dalam penulisan maupun dari saya pribadi wassalamualaikum wr. wb... 




Tidak ada komentar: