Menu Bar

Selasa, 24 Desember 2013

Kenalilah Karakter anda Melalui Grafologi (part I)

Banyak cara untuk memahami sikap atau karakter seseorang, tidak harus mengenal atau memahaminya secara langsung dalam waktu yang cukup lama tuk memahaminya.

Banyak cabang ilmu psikologi yang setiap cabang ilmunya memiliki kelebihannya sen- diri, salah satu yang akan saya bahas disini adalah salah satu cabang ilmu psikologi yang tidak begitu popular yaitu Grafologi sebelumnya saya akan membahas apa yang dimaksud Grfologi Grafologi berasal dari bahasa Yunani , yaitu Graph yang berarti tulisan atau menulis dan Logos yang berarti Ilmu.

Apa itu Grafologi ?

Grafologi adalah ilmu tulisan atau memahami karakter seseorang melalui tulisan. Adapun macam-macam teknik untuk mempelajari grafologi.

     Pertama adalah Zona Huruf .
Tarik tiga garis lurus, di situ terbentuk 3 zona imajiner/khayal, zona atas, zona tengah, zona bawah. Zona atas berisi huruf tinggi seperti b,l,k,t dsb. Zona huruf tengah terdiri dari huruf kecil seperti a,c,e,m,n  dsb. Sedangkan zona bawah terdiri dari huruf yg menggantung seperti: g,j,p hanya huruf  F yang menempati semua zona.
  • Zona atas mewakili daya abstraksi, idealism, pemikiran, imajinasi, dan ambisi (lambing dari kepala).
  • Zona tengah mewakili ego, adaptai, hubungan social, perasaan, dan emosi (lambing dari Jiwa).
  • Zona bawah mewakili kualitas materi dan fisik dorongan seksual, kegemaran ,dan penyimpangan (lambing dari tubuh dan perut).
Kedua adalah Baris Dasar.
Tidak selamanya orang menulis pada lembar kosong berada dalam satu baris ada baris semu selanjutnya untuk melanjutkan tulisannya.Dalam grafologi, jarak antara barisan pertama dengan baris kedua menggambarkan arah kecenderungan arah, fokus pada urutanny, dan nilai waktu. Jarak ini mengindikasikan tipe seseorang yang berpola pikir sistematis dan terencana,  kurang berani mengambil risiko dan tidak suka berpetualang. Meskipun tipe orang ini tetap konsisten terhadap perilaku sikapnya. Sendangkan sebaliknya setiap pemilik tulisan yang memiliki barisan yang tidak teratur, menunjukan sikap yang ragu-ragu dalam mengambil keputusan, kurang terencana , pasrah dengan keadaan dan bersikap apatis.


Ketiga adalah Arah Tulisan
Arah tulisan (dari kiri ke kanan) menunjukkan bagaimana anda berkomunikasi. Tulisan yang miring ke kanan menunjukkan sikap yang mengacu kepada mesa depan, kecintaan terhadap ayah dan kecenderungan diri yang extrovert.Tulisan yang miring ke kiri menunjukan sikap yang reflektif, kecintaan pada ibu, dan kecenderungan diri yang tertutup atau introvert. Sedangkan tulisan yang tegak lurus menunjukkan sikap yangtegar, suka mengamati lingkungan, banyak perintah, dan mampu mengendalikan emosi,

    Keempat Ukuran Huruf.
Besar kecilnya huruf ditentukan oleh huruf di zona tengah. Tinggi huruf 3 mm dianggap sebagai ukuran rata-rata. Bila ukuran huruf lebih dari 3 mm, menunjukkan kepribadian yang merdeka, membutuhkan ruang waktu untuk bahagia. Huruf yang menjorok ke atas maupun ke bawah menunjukkan mental atau fisik yang istimewa. Tulisan kecil menunjukkan ekspresi kerendahan hari, meskipun cenderung minder atau rendah diri. Ukuran tulisan kecil menunjukan bahwa orang tersebut memperhatikan secara detail dari sisi kehidupan. Selain itu, tulisan yang kecil ini menggambarkan analisis konsentrasi yang tajam.

    Kelima Kemiringan Huruf
Rata-rata kemiringan huruf 45 deraja, kemiringan huruf menggambarkan emosi dan kepribadian.
  • Jika tulisan cenderung miring ke kanan menunjukkan pribadi yang ramah tamah, supel, dan lebih terbuka (ekstrovert)
  • Jika tulisan miring ke kiri menunjukkan pribadi yang menutup diri (introvert).
  • Jika tulisan cenderung tegak menunjukkan pribadi yang tidak emosional dan termasuk tipe pribadi yang praktis serta pandai menyimpan permasalahan pada orang lain.
  • Tulisan miring ke kiri banyak ditemui pada tulisan wanita yang pada masa kecilnya mengalami kesulitan hidup atau wanita .
  • Jika tulisan cenderung tegak menunjukkan pribadi yang tidak emosional dan termasuk tipe pribadi yang praktis serta pandai menyimpan permasalahan pada orang lain.
  • Tulisan miring ke kiri banyak ditemui pada tulisan wanita yang pada masa kecilnya mengalami kesulitan hidup atau wanita yang kaku dan keras kepala, namun pemalu.
  • Orang yang memiliki tulisan sangat miring ke kanan cenderung meledak-ledak dalam mengungkapkan perasaan (meluapkan emosi yang berlebihan)/
  • Bila tulisan sangat miring ke kiri maka menunjukan sikap orang yang egoistis atau individualis, dan lebih suka memendam emosi untuk dirinya sendiri.


Keenam Penekanan Huruf .
Penekanan huruf pada tulisan terjadi di awal maupun akhir. Jika penekanan huruf terjadi pada awal huru, maka hal itu menunjukkan cara menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungan baru ketiada tarikan pada wal tulisan adalah seseorangyang memulai sesuatu tnpa penundaan dan tidak buang-buang waktu.orang dengan tipe ini sangat cerdas, sangat praktis dan objektifmenilai segala sesuatunya. Selain ituorang ini tidak suka dengan sesuatu yang bersifat dangkal.
Sebaliknya jika penekanan huruf di akhir kalimat, maka hal itu menggambarkan prilaku yang mudh beradaptasi dan supel serta mempunyai kepedulian tinggi,bersifat social, dermawan, dan peduli dengan sesama.

    Itu hanya sebagian kecil dari pembahasan yang sudah saya paparkan tentang grafologi dan masih banyak lagi yang harus dibahas mengenai karakteristik memahami seseorang melalui grafologi.
tunggu cerita selanjutnya.

Tidak ada komentar: